Tag

, , ,

Jadi, saya punya keyboard mekanik versi lama yang udah jarang banget kepake. Mereknya NYK KM09, yang saya beli iseng karena pengen punya keyboard mekanik di kantor sekitar taun 2016/2017. Setelah sekian lama, lihat bentuknya kok rasanya membosankan:

Bentukan Awal

Jadi, saya coba cari-cari ide gimana caranya bikin keyboard mekanik jadul ini jadi agak bagusan. Setelah cari sana-sini akhirnya saya nemu sebuah metode bernama Stickerbomb. Tadinya saya punya niat untuk spray painting, tapi kok kayaknya ini cara baru buat dicoba. Bahannya gampang:

  1. Cari stiker dengan tema tertentu (saya cari tema One Piece) di toko online
  2. Cutter
  3. Alas cutter yang rata
  4. Cat semprot/Pylox clear doff merk apapun.

Pertama tentu cabut semua mur di keyboard, lalu copot semua switch, keycaps, dan PCB (ini skip banget padahal proses paling lama harus desolder satu-satu), sehingga tersisa papan/plate yang mau di stiker. Setelah itu tempel stiker dengan urutan random, dan pastikan stiker yang mau di-highlight ditempel paling akhir. Di case saya, luffy, zoro, sama logo One Piece di paling kanan. Selanjutnya, potong-potong stiker yang nempel di lubang keycaps dengan cutter satu per satu. Setelah selesai dan semua lubang keycaps dibolongi, barulah dicat semprot dengan Pylox clear doff, supaya stikernya ngga gampang rusak. Jadi dia itu seperti cat pelapis tanpa warna untuk lapisan terakhir. Setelah plat selesai di modif, pasang ulang switch, PCB, dan keycaps. Mungkin saya habiskan sekitar 5-6 jam, karena paling lama di desolder dan solder ulang switchnya. Tapi kalo keyboard nya sudah hotswap, harusnya 2-3 jam beres sih.

Serunya metode sticker bomb, kalo ada potongan cutter yang ga rapih, tinggal ditimpa lagi dengan stiker lainnya. Dan kalo di keyboard, atasnya juga ketutupan sih sama keycaps. Hasil setelah dipasang semua seperti ini, lumayan banget buat eye candy pemakaian di kantor (plus beli keycaps baru supaya matching sama warna biru putih):

PS: ini blog post saya setelah 8 tahun tidak diupdate, maafkan kalau tulisannya tidak terlalu bagus